Wagub Sumbar : Tumbuhkan Raso Pareso Melalui Gerakan Pramuka

Selasa, 25 Agu 2020 | 15:41:59 WIB


Wagub Sumbar : Tumbuhkan Raso Pareso Melalui Gerakan Pramuka

Padang, 25 Agustus 2020, Gerakan kepramukaan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan generasi muda, khususnya dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Hal ini dikemukakan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam arahannya pada kegiatan Orientasi Kepramukaan bagi Kepala SMA/ SMK/SLB selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KA.MABIGUS) se-Sumatera Barat Tahun 2020 di Gedung Pramuka Padang, Selasa (25/08/2020).

Menurutnya, keterbatasan pada pendidikan formal menjadikan gerakan pramuka menjadi wadah pendidikan karakter yang kuat dan mengembangkan potensi diri generasi muda.

“Banyak hal yang bisa diperoleh dari gerakan pramuka. Bagaimana berkomunikasi, membaur dengan masyarakat, bagaimana hidup di desa-desa, menghormati kawan, raso pareso, semua ada di pramuka,” ujar Wagub Nasrul yang juga merupakan Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar.

Disamping itu rasa persaudaraan yang tinggi juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki gerakan pramuka. Untuk itu pihaknya mengajak untuk mengoptimalkan fungsi masing-masing KA.MABIGUS di masing-masing sekolah. Diharapkan seluruh peserta orientasi, agar terus berupaya untuk menjadikan generasi muda Sumbar yang berkualitas, beriman, bertaqwa.

“Tantangan kita semua untuk mencetak siswa yang siap bersaing di dunia kerja ataupun menuju perguruan tinggi favorit,” ungkapnya.

Terkait pandemi Covid-19 yang masih menjangkiti Sumatera Barat, Wagub Nasrul kembali menegaskan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Mohon tumbuhkan kesadaran kepada orang tua murid, kepada siswa, Covid-19 itu buka aib. Mudah-mudahan Covid-19 tidak akan mengurangi kualitas pendidikan di Sumbar,” harap Wagub Nasrul.

Turut hadir Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.(ISC/ MMC DiskominfoSB)

*sumber : https://www.sumbarprov.go.id/home/news/19343-wagub-sumbar-tumbuhkan-raso-pareso-melalui-gerakan-pramuka.html


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 1137 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *