Kwarcab Kota Solok Ikuti Hapram Tingkat Nasional

Senin, 16 Agu 2021 | 12:15:45 WIB


Kwarcab Kota Solok Ikuti Hapram Tingkat Nasional

Solok - Kwartir Cabang  (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 60 tingkat nasional, Bertempat di lobi lantai dua Baliakota Solok pada 14 Agustus 2021 secara virtual. Bertindak sebagai inspektur upacara, Presiden RI yang juga Kamabinas (Ketua Majelis Pembimbing Nasional) Joko Widodo.
Acara diikuti Kakwarnas (Ketua Kwartir Nasional), Budi Waseso ini beserta jajaran Kwarnas, Kakwarda dan jajaran beserta perwakilan Kwarcab yang mewakili dari Kabupaten/Kota se indonesia, dilaksanakan secara virtual, dimana Kwarcab Kota Solok diikuti langsung oleh ketua Kwarcab Kak Ramadhani Kirana Putra didampingi oleh wakil-wakil ketua..
Pada Upacara Hapram ke 60 Tahun 2021 ini, Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam sambutannya mengungkapkan pesannya untuk pramuka Indonesia agar menjadi pelopor kedisiplinan dalam protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Pramuka Indonesia harus mempelopori kepada masyarakar mengenai kedisiplinan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.“Pramuka Indonesia harus berdiri di garda terdepan melindungi diri, teman-teman dan keluarga yang kita sayangi, kalau ada teman yang tidak patuh prokes diingatkan, beri penjelasan, diberi pengertian,” kata Jokowi.
mengakhiri sambutan, Jokowi juga meminta kepada Pramuka Indonesia untuk mengajak masyarakat yang sudah berusia 12 tahun untuk mendapatkan vaksin Covid-19, agar mencapai kekebalan komunal (herd immunity).Menurutnya, kunci utama untuk keluar dari pandemi Covid-19 yakni menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi.“Karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisiplinan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” ujarnya.

Ketua Kwartir Nasional Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso dalam laporannya mengungkapkan pramuka selama menjalankan 2 gerakan. Gerakan Kedisiplinan Nasional untuk membantu mematuhi protokol kesehatan. Kedua, Gerakan Kepedulian Nasional dengan cara mewujudkan sikap empati dan menolong sesama hidup. Jika diperhatikan, kedua gerakan tersebut masih relevan hingga saat ini dan bisa dipadukan dengan tema dan slogan Hari Pramuka tahun ini.
Kak Budi kemudian mengajak semua Pramuka di seluruh Indonesia untuk membantu mewujudkan gerakan tersebut, bisa dimulai dari tingkat keluarga atau Gugus Depan.”Seorang Pramuka tidak boleh menyerah dan berputus asa. Justru kondisi seperti ini harus dihadapi dengan semangat Pramuka yang rela menolong dan tabah “ tuturnya. (TSP Kwarcab Kota Solok)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 168 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *